Semua Orang Suka Musik?

Semua Orang Suka Musik

Siapa saja yang hidup di akhir zaman, sulit rasanya untuk lepas dari lantunan suara musik atau nyanyian. Bahkan mungkin di antara kita dulunya adalah orang-orang yang sangat gandrung terhadap lantunan suara seperti itu. Bahkan mendengar lantunan tersebut sudah menjadi sarapan tiap harinya.

Sebagian kita ada yang menyukai musik dan ada yang tidak, karena memang hal ini disebabkan oleh adanya pro dan kontra akan hukum musik itu sendiri, juga karena ketidaktahuan kita akan manfaat dan bahaya musik itu sendiri.

Sebagai orang Islam, tentunya kita mengimani bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Tuhan kita dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Nabi dan panutan kita, maka konsekuensi dari itu, kita harus meyakini kebenaran yang datang dari firman Allah dan sabda RasulNya.

Berbicara soal musik, maka dalam Islam, aturan dan hukum segala sesuatu telah dijelaskan. Begitu juga hukum musik, seperti apa dalam kacamata Islam?

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَشْتَرِ‌ي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَن سَبِيلِ اللَّـهِ بِغَيْرِ‌ عِلْمٍ … ﴿لقمان : ٦﴾
“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan …” (QS Luqman [31]: 6)

Berkata Ibnu Mas’ud memaknai “وَمِنَ النَّاسِ مَن يَشْتَرِ‌ي لَهْوَ الْحَدِيثِ” (artinya: “Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna“):

هو – والله – الغناء
“Demi Allah, dia adalah nyanyian.”

وَاسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُم بِصَوْتِكَ … ﴿الإسراء : ٦٤﴾
“Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu …” (QS Al-Isra’ [17]: 64)

Ahli tafsir juga menyatakan bahwa “بِصَوْتِكَ” (artinya: “dengan suaramu [yakni suara setan]”) adalah nyanyian.

صَوْتَانِ مَلْعُوْنَانِ: صَوْتُ مِزْمَارٍ عِنْدَ نِعْمَةٍ وَصَوْتُ وَيْلٍ عِنْدَ مُصِيْبَةٍ
“Ada dua suara yang terlaknat: suara seruling pada saat mendapatkan nikmat dan suara ratapan) celaka pada saat mendapatkan musibah.” (HR Abu Bakar Asy-Syafi’i)

Narasumber:
Ustadz Maududi Abdullah, Lc.


Saksikan “Kacamata Islam”, setiap Ahad malam, pukul 20:00 WIB dan Sabtu siang, pukul 13:00 WIB
Hanya di Rodja TV

http://rodja.tv/1662

Tinggal Pesan